You are here

Apa Itu Copywriter?

Apa Itu Copywriter?

Copywriter adalah profesi menulis teks yang memiliki tujuan untuk mempromosikan atau juga memasarkan produk maupun jasa yang ada dari klien/perusahaan di tempat ia bekerja. Beberapa tahun belakangan ini, profesi ini semakin marak diperbincangkan dan menjadi populer.

Hal ini disebabkan oleh perkembangan bisnis yang tak lagi konvensional di era perkembangan teknologi yang pesat. Perusahaan atau brand yang ada sudah mulai menyadari pentingnya representasi mereka di berbagai media yang ada, baik itu online maupun offline.

Anda sering bukan melihat iklan di media cetak? Tampilan produk atau jasa yang ditawarkan pasti hampir selalu dilengkapi dengan kalimat-kalimat yang bersifat menjual dan meyakinkan calon pembeli/pengguna jasa. Ada teks yang singkat, ada juga yang secara lebih rinci menjabarkan fitur serta keunggulan dari produk tersebut.

Pernahkah Anda bertanya-tanya siapa kira-kira yang menyusun teks tersebut? Tentunya bukan sembarang orang, sebab teks itulah yang menentukan apakah iklan tersebut akan berhasil menjual atau tidak. Pekerjaan menulis teks dengan tujuan mempromosikan atau memasarkan sebuah produk atau jasa dilakukan oleh seorang copywriter, dan pekerjaannya disebut dengan istilah copywriting.

Pekerjaan yang dilakukan oleh seorang copywriter

Pekerjaan yang dilakukan oleh seorang copywriter

Pernahkah anda merasa tertarik untuk membaca naskah dalam sebuah iklan dan tetap membacanya sampai selesai? Ini adalah salah satu tugas seorang copywriter, yaitu menghasilkan teks yang menarik yang mampu menahan pembaca/pemirsa untuk tetap menyimak iklan hingga selesai.

Lalu, ketika tulisan dalam iklan tersebut membangkitkan emosi Anda dan Anda pun tertarik untuk menggunakan produk/jasa yang dipromosikan, maka seorang copywriter telah berhasil melakukan pekerjaannya. Bahkan meskipun Anda tidak menggunakan produk tersebut namun dalam benak Anda tertanam sebuah kesan positif akan produk dan perusahaan yang membuatnya, maka hal itu juga merupakan keberhasilan dari pekerjaan copywriting.

Seorang copywriter dapat bekerja di departemen pemasaran sebuah perusahaan, toko atau gerai yang besar, dan menulis copy hanya untuk perusahaan tersebut (in-house copywriter). Mereka juga bisa bekerja dalam perusahaan yang bergerak khusus di bidang pemasaran seperti agen periklanan, dan juga untuk media cetak, televisi dan penerbit.

Seiring dengan perkembangan zaman, banyak juga terdapat copywriter yang bekerja sebagai tenaga lepas (freelance) dan mungkin terdaftar dalam sebuah agen copywriting yang memiliki klien perusahaan-perusahaan besar. Jika Anda tertarik untuk menjadi seorang copywriter, perlu Anda ketahui bahwa saat ini profesi ini sudah mulai dikenal dan diakui di Indonesia.

Dengan tingkat pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan persaingan bisnis yang semakin ketat, adalah bijaksana bagi perusahaan-perusahaan untuk menyerahkan pekerjaan copywriting kepada seorang copywriter professional. Bagaimana dengan imbalannya? Seorang copywriter berpengalaman dibayar mahal lho untuk menghasilkan konsep dan teks iklan yang baik. Jadi, copywriter adalah sebuah profesi yang sangat menjanjikan.

Belajar menjadi copywriter

Belajar menjadi copywriter

Apa sajakah yang perlu dipahami dalam mempelajari copywriting ?Yuk simak beberapa ulasan dibawah ini.

• Memahami brand dan produk Anda
Kesan yang paling mudah muncul dari copywriter yang buruk adalah konten yang tidak jelas dan terkesan tidak profesional. Copywriting wajib diisi dengan konten yang menyeluruh. Anda harus mampu memahami secara utuh perihal brand dan produk Anda. Mulai dari keunggulan hingga kekuranganya. Memahami akan menjadikan Anda mudah untuk menciptakan konten yang sesuai dan mudah diterima konsumen dan calon konsumen Anda.

Mengetahui apa yang sedang menjadi tren
Dunia marketing digital terutama terkait konten erat kaitannya dengan basis Search Engine Optimization (SEO). Seorang copywriter wajib mengetahui apa yang sedang menjadi tren di konsumen dan calon konsumennya. Keywords yang tepat akan memudahkan konten untuk muncul di halaman pertama pencarian Google. Anda bisa melihat referensi dan tips menjadi copywriter yang sesuai dengan tren marketing dari situs Moz.com, EConsultancy.com dan Copyblogger.com. Selain itu Anda juga boleh mencoba untuk berkonsultasi dengan ahli SEO sebelum mempublikasikan konten Anda.

Perbanyak membaca buku atau referensi
Ada yang pernah berkata, “Memahami apa yang orang lain pikirkan adalah hal yang sangat krusial untuk mempengaruhi orang.”. Jika Anda gagal memahami, maka Anda akan gagal untuk mempersuasi. Consultant Marketing Institute (CMI) sempat mempublikasikan beberapa judul buku yang wajib dibaca oleh calon copywriter. Buku tersebut antara lain The Lead Machine: The Small Guide to Digital Marketing karya Rich Brooks, Top of Mind karya John Hall dan They Ask You Answer karya Marcus Sheridan. Beberapa judul buku ini bisa menjadi referensi Anda sebelum memulai mendalami seni copywriting.

Belajarlah menulis dari hari ini
Menjadi copywriter adalah seni yang bisa dipelajari jika dilakukan dan dicoba secara terus menerus. Mintalah saran rekan kerja anda yang lain atau konsumen Anda terkait konten yang Anda sudah buat atau publikasikan. Jadikan masukan mereka sebagai cara Anda memperbaiki konten yang sebelumnya sudah Anda buat. Latihan secara terus menerus akan mengurangi kemungkinan Anda melakukan kesalahan ketik atau mengeja. Cobalah juga untuk rutin membaca mengenai aturan menulis yang baik dan benar.

Untuk mencari lowongan kerja sebagai copywriter, kami menyarankan Anda untuk mengunjungi situs Portaloker.

0N3R1D3R
Founder Indonesia To World Team
https://www.indonesiatoworld.org

Tinggalkan Balasan

Top